Aerium  BACK TO ARTICLES

Perhatikan Biaya-biaya Ekstra Ini saat Beli Apartemen

Keterbatasan lahan di Ibu kota menjadikan hunian vertikal kini menjadi pilihan yang rasional dibeli oleh pencari properti yang ingin tinggal di pusat kota.

Namun, tahukah Anda membeli apartemen ada banyak hal yang harus diperhatikan, terutama dari segi finansial seperti biaya ekstra di luar biaya Down Payment (DP) dan harga apartemen itu sendiri. Mempersiapkan kebutuhan dari sisi finansial tersebut penting sekali sebelum membeli apartemen.  

Nah, berikut ini adalah biaya-biaya ekstra yang akan temui saat membeli apartemen.

PPN

Pertama, dimulai dari PPN. Pajak Pertambahan Nilai atau PPN merupakan pajak yang diberlakukan oleh pemerintah terhadap sebuah transaksi jual beli dan berlaku untuk segala jenis jual beli termasuk apartemen, baik yang dilakukan oleh perorangan maupun badan. Meskipun kerap kali developer properti menghadirkan promo menarik berupa apartemen bebas biaya PPN. 

BPHTB

Selanjutnya adalah Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) merupakan pajak yang dikenakan kepada pembeli properti seperti tanah, rumah, apartemen, ruko dan lain-lain. Berdasarkan Undang-undang No. 28 Tahun 2009, pasal 85 ayat 1 dan 2, tarif pajak BPHTB di setiap daerah berbeda-beda, yang paling besar berada di angka 5%.

PPnBM

Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM) merupakan pajak yang dikenakan atas transaksi Barang Kena Pajak yang tergolong mewah, seperti contohnya properti. Baik produk dalam negeri maupun ekspor. 

AJB

Akta Jual Beli (AJB) merupakan surat keterangan bahwa satu properti sudah dipindahtangankan dari satu pihak ke pihak lain karena aktivitas jual beli. Fungsinya sebagai pengikat transaksi antara penjual dan pembeli, pembuatan akta tersebut dibuat oleh Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT). Kekuatan hukum AJB cukup tinggi. 

BBN

Bea Balik Nama (BBN), inilah biaya yang dibutuhkan ketika mengganti nama kepemilikan suatu properti. Pajak ini ditemui ketika hendak mengganti nama kepemilikan sebuah properti pada SHM (Sertifikat Hak Milik). 

Setelah mengetahui biaya-biaya ekstra tersebut dan sudah mempersiapkannya, kini saatnya menentukan pilihan apartemen yang tepat bagi Anda. Nah, bagi Anda yang tertarik untuk membeli apartemen, Aerium apartment Jakarta patut dijadikan pilihan yang menarik. 

Apartemen ini dibangun di kawasan perumahan elit Taman Permata Buana, Jakarta Barat. Lokasinya sangat strategis dan memiliki aksesibilitas yang sangat baik, contohnya berjarak hanya 30 menit jika ingin menuju area perkantoran Sudirman-Thamrin melalui Gerbang Tol Meruya 2. Kemudian 10 menit menuju Bandara Internasional Soekarno Hatta melalui Gerbang Tol Kembangan Utara. 

Apartemen Aerium siap memanjakan Anda dengan berbagai fasilitas lengkap nan eksklusif seperti swimming pool, kids pool, jogging trackgym arealobbysemi indoor lounge dan pilihan fasilitas lainnya. Memasarkan unit 2 Bedroom dan 3 Bedroom di South Tower dengan spesifikasi unit Aerium Apartemen 2br memiliki 2 kamar tidur dengan luas berkisar 84 m2 hingga 99 m2 dan Aerium Apartemen 3br memiliki 3 kamar tidur yang luasnya berkisar 144 m2 hingga 165 m2. 

Istimewanya, Aerium apartment mempunyai konsep dog-friendly dimana Anda dapat menyertakan anjing peliharaan untuk tinggal bersama di apartemen. Merupakan apartemen pertama di Jakarta Barat yang menawarkan kebijakan ini. Tentunya dengan sejumlah syarat yang harus dipenuhi salah satunya anjing peliharaan harus sudah divaksin.

Untuk menunjang aktivitas bagi anjing peliharaan kesayangan, terdapat fasilitas penunjang yang disediakan yaitu dog carrier dan area bermain, bersantai dan jalan-jalan bagi anjing peliharaan berupa Pets Zone. 

Untuk info harga apartemen Aerium, harga unitnya dibanderol mulai dari Rp. 2 Miliar. Di beberapa unitnya dilengkapi dengan berbagai fasilitas premium seperti Active Assisted Living, fasilitas ini berjumlah limited di beberapa unit, terdapat panic button, anti-slip flooring, grab barswheelchair friendly access dan lain-lain. 

BACK TO TOP